Pada
saat ini perkembangan perangkat mobile telah pesat. begitu pula perkembangan
game didalam smartphone. kini berbagai jenis game pada smartphone. saat ini
telah banyak game untuk perangkat mobile, namun untuk game bercita rasa lokal masih
sulit untuk ditemukan.
Bisnis
yang akan saya buat adalah studio game perangkat mobile. bisnis ini termasuk
kedalam bisnis kelompok. bisnis ini hanya difokuskan untuk pengembangan game
mobile bercita rasa lokal untuk smartphone.
Bagaimana
rencana untuk bisnis studio game?
Dalam
rencana bisnis yang saya buat mencakup hal-hal yang perlu diketahui dan target
penjualan yang saya dapatkan. Beberapa item yang biasa dicantumkan adalah :
-
Besarnya modal
◦
Modal uang
◦
Modal human resource
▪ Programer
▪ Graphic designer
▪ Marketing
▪ Developer
▪ Tester
▪ distributor
▪ dll
◦
Modal kreativitas
◦
Modal perangkat keras
▪ Server
▪ Jaringan internet
▪ Listrik
▪ dll
-
Rencana harga jual game online
◦
Free for all
▪ Semua pelanggan dapat menikmati semua fitur-fitur
game tanpa membayar. Tagihan listrik dan internet tetap dibayar.
◦
Shop coin base
▪ Pelanggan dapat bermain game dengan gratis,
tetapi beberapa item kelas atas hanya bisa didapatkan dengan menukarkan koin
game yang mana koin tersebut dibeli dengan uang asli
▪ Cocok untuk developer yang sudah memiliki
pengalaman dalam dunia game online
◦
Premium player
▪ Di model ini, pelanggan masih dapat memainkan
game tanpa biaya tapi beberapa fitur game hanya bisa didapatkan dengan membeli
suatu konten premium membership. Dengan konten tersebut pelanggan dapat
menikmati semua fitur yang ada berserta fitur-fitur bonus untuk premium
membership.
◦
P2P atau pay to play
▪ Pada model ini, pelanggan harus mengeluarkan
biaya wajib bila ingin memainkan game ini. mulai dari pendaftaran sampai masa
aktif akun game.
▪ Game dengan model ini sekarang jarang
diminati tetapi bila ada peminatnya jumlahnya akan sangat banyak dan sangat
menguntungkan
-
Rencana penjualan software game
◦
Online
▪ Free download
▪ Beli dari toko game online, ebay, atau amazon
▪ Pre-order
◦ Konvensional
▪ Di
distribusikan di toko-toko game
▪
Telepon atau surat
▪
Pre-order
-
Besarnya biaya pembuatan game
◦ Semakin besar biaya yang dikeluarkan tidak
menjamin mutu game yang dibuat. Dengan perencanaan yang baik, biaya dapat
ditekan dan mutu game dapat ditingkatkan.
-
Besarnya biaya pembuatan case cd/dvd/ server download dari pendistribusian
software
-
Besarnya anggaran biaya dan waktu untuk melakukan pengembangan, misal patch dan
expansion pack.
Untuk
pemasaran , awalnya kita memposting di forum-forum, tokon online, dan media
sosial. Selanjutnya jika terkumpul keuntungan lebih dibuat website sendiri agar
lebih mudah konsumen mengakses.
Komentar
:
Bila melihat kecenerungan generasi
sekarang yang meminati game , aspek ini tidak perlu dipertanyakan lagi , dengan
game yang simple namun alurnya yang menarik serta karakter yang unik dapat
menambah minat konsumen cukup banyak.
Menurut pengamatan saya yang pernah
menjadi konsumen, permintaan akan kebutuhan game tidak akan sepi peminat karena
perubahan gaya hidup sekarang yang cenderung ke dunia hiburan, maka peminat
game tidak akan berkurang, hanya bagaimana cara kita menyikapi keinginan
pelanggan sehingga kita dapat mendapatkan keuntungan dari mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar